www.siagakupas.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 22 Juli 2024
 
DPRD Kepulauan Meranti Bersama Tim Penyusun RPJMD Laksanakan Pembahasan Tahap Awal
Editor: Jupian wrw | Kamis, 03-06-2021 - 14:30:21 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaKupas.com, SelatPanjang - Memasuki tahapan pembahasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kepulauan Meranti, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat bersama Tim Penyusun RPJMD melakukan rapat pembahasan rancangan awal RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah SH MSi, Wakil Ketua, H Khalid Ali SE dan Iskandar Budiman SE, dari Tim Penyusun RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti diikuti Plt Kepala Bappeda, Mardiansyah dan lainnya, Rabu (2/6/2021).

Mardiansyah menyampaikan rancangan awal RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti beserta perbaikan dan masukan dari DPRD sebagaimana yang telah disampaikan oleh anggota DPRD pada rapat pembahasan RPJMD sebelumnya pada Senin, 24 Mei 2021 yang lalu.

Pimpinan Fraksi-Fraksi DPRD meminta agar RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti dalam penyusunannya harus mengacu dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Riau dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kabupaten Kepulauan Meranti. Hal ini perlu dilakukan agar pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti sejalan dengan Pembangunan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Selain itu juga, DPRD meminta agar kearifan lokal dan budaya melayu perlu ditonjolkan dalam rencana pembangunan daerah.

Disamping penyusunan RPJMD yang perlu disusun dengan teliti menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan bisa dicerna oleh masyarakat banyak, anggota DPRD juga menyoroti penyusunan RPJMD Kepulauan Meranti ini perlu memasukan program terkait Sagu yang menjadi icon daerah serta perlunya adanya upaya dari pemerintah daerah dalam melakukan upaya agar daerah Meranti yang 94 % termasuk dalam zona Peta Indikatif Penghentian Pemberian Izin Baru (PIPPIB) untuk keluar dari zona tersebut dengan melakukan berbagai kajian yang tepat, sehingga tidak menghambat pembangunan daerah kedepan. Pimpinan Fraksi DPRD juga mengkritisi agar penyusunan RPJMD harus tegas, terukur dengan kemampuan keuangan daerah.

"Terkait masukan-masukan DPRD tentang Penyusunan RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti diharapkan agar diakomodir oleh pemerintah daerah, supaya hasil RPJMD lebih baik, teliti, maksimal dan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah," demikian disampaikan oleh Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Ardiansyah.

Pasca rapat tersebut berakhir, dilanjutkan dengan agenda Penandatanganan MoU Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026 antara Kepala Daerah dengan Pimpinan DPRD. Hadir pula Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH bersama Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti menandatangani MoU tersebut. (J)



 
Berita Lainnya :
  • DPRD Kepulauan Meranti Bersama Tim Penyusun RPJMD Laksanakan Pembahasan Tahap Awal
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 14 Pengacara Dampingi Istri Korban Pembunuhan Sadis Adieli Zebua, Dan Resmi Buat Laporan Ke Polsek Tenayan Raya
    2 Lurah Pematang Kapau Tar Ajaman S.Sos Pekanbaru Serahkan Bantuan Sembako 943 paket melalui RT/RW
    3 Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir, 2021-2026
    4 Miris! Kebakaran Di Pasar Tua Puluhan Rumah Terbakar
    5 Mayat Tinggal Setengah Badan di Pinggir Sungai Gangsal
    6 Pembunuhan Sadis Yang Terjadi di Pelalawan Seperti Adegan Film Horor
    7 Kantor Desa Hilimbowowo Nisel
    Kantor Desa Hilimbowo Diduga Jadikan Tempat judi jenis pas (koncleng) Dengan Menggunakan Batu Domino
    8 Kades Orahili Ulunoyo Sukadamai Ndruru Mendata Ulang Masyarakat Yang Menerima BLT Tahun 2021
    9 Ketua PWOIN Kota Bitung, di Minta Dirut Rumah Sakit Budi Mulia Copot Seorang Security Inisial MM
    10 Diduga Libatkan Oknum Ormas Pemuda, Fao'aro Gea Korban Pengeroyokan Minta Laporannya Ditindaklanjuti Polsek Rumbai
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan