www.siagakupas.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Selasa, 18 Juni 2024
 
Ratusan Agama Buddha Merayakan Hari Suci Yang Ke 2568 Tahun MBMI Majelis Buddha Mahanikaya Bersama Agama Buddha
Editor: | Minggu, 09-06-2024 - 13:59:48 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaKupas.com, Tebing Tinggi - Ratusan Agama Buddha Merayakan Hari Raya Waisak Suci  2568, Yang Di Komodir Oleh Miss. Chutima Jenjaroen  Bersama Umat berlangsung di Kota Tebing tinggi dengan sangat meriah dan memberikan makna tersendiri bagi Umat Buddha Diseluruh Kota Tebing tinggi jln Sutomo Sabtu Tgl, ( 8/6/2024).

Dalam Laporannya Ketua Panitia Pelaksana Hari Raya Waisak, Ratana Putra  menyampaikan bahwa Hari Raya suci pelaksanaan Hari Raya Waisak ini telah dilakukan dalam berbagai rangkaian Kegiatan Perkenalkan kemasyarakat Bahwa tujuan ini Merupakan kebudayaan Agama Buddha Yang Ada Di Kota Tebing tinggi,  melibatkan  beberapa Stekholder baik dari Masyarakat, Agama dan Aparat Keamanan Kepolisian  dengan target yang sudah ditetapkan  namun dalam pelaksanaanya hasilnya melebihi target yang telah ditentukan dan ini merupakan suatu keberhasilan dan kebanggan tersendiri bagi Umat Buddha yang turut Hadir, Pembimbing Masyarakat Buddha Provinsi Sumatera Utara. Dr. Budi Sulistiyo, S. Ag., M.Pd. B., M.H. Bimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Utara., DPD Perwakilan Umat Buddha Indonesia ( Walubi ) Provinsi Sumateta Utara Dr. Brilian  Moktar, SE, M.M., M.H.  Ketua Walubi Kota Tebing tinggi ( MBI ), Buddha Tzuchi, Lions Club Tebing tinggi Royal Distrik 307 A2. Kelenteng Cin Kun,  Sam Taita Tebing tinggi Ketua vihara Mahadana Kota Tebing tinggi. WBI Tebing tinggi Vihara Avoloktavara Tebing tinggi Vihara VVVG Tebing tinggi.

Kegiatan ini di hadir Pak Kapolres Tebing tinggi di wakali oleh AKP. Rustam Effendi  Dalam Kegiatan Tersebut di kawal Oleh Porsonil
Anggota Kasat Lantas Polres Tebing tinggi, Mewakili IPDA M. Marpaung Kanit Patroli, Bersama Anggota. Juga hadir Kanit Intel Polres Tebing tinggi.

Di tambahkannya bahwa Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini Pawai Bersama umat  Keliling Wilayah Kota Tebing tinggi untuk Memperkenal Kepada Masyarakat Bahwa Agama Buddha Salah Satu  adalah mempererat tali persaudaraan di antara umat beragama sehingga tercapainya moderenisasi beragama di Seluruh Kota Tebing tinggi, Provinsi Sumatera Utara.

ucapan terima kasih disampaikan Ketua Pembina, Rudi Alias Awi  kepada setiap peran serta sehingga Merayakan Mahanikaya bayi Suci  Waisak ini dapat berjalan dengan baik.

Kesempatan Yang sama  Miss.  Chutima  Jenjaroen, Phra Sukantho Mahatera, Phra Phramaha Penawal  Supachoto,
Phra Hackler  Panyavora, Phra Narong Thitasilo, Phra Ek Jharudhammo,  dalam pesan Waisak selaku Pemuka Agama Buddha di Kota Tebing tinggi menyampaikan bahwa Waisak merupakan hari Keramat, Hari Suci Bagi Umat Buddha yang merupakan peristiwa penting  yaitu lahirnya seorang Pangeran  Buddha sekitar  2568  Tahun yang lalu Kuno, serta Perjalanan kehidupannya dalam usahanya untuk mencapai kesempurnaan hidup yang bertepatan pada purnama atau Waisaka.

Lanjut, Phra Dr. Phramaha Woot  Menyampaikan Apresiasi Kepada Aparat Keamanan Kepolisian Tokoh  Agama yang berkontribusi sehingga memberikan makna waisak yang sangat mendalam. Tema yang di usung dalam Perayaan Waisak tahun ini tentang harmonis dan Bahagia merupakan salah satu ajaran Buddha karena keharmonisan merupakan sumber untuk manusia dapat hidup Bahagia. Sehingga Keharmonisan harus di jaga antara keinginan dan kebutuhan manusia itu sendiri.

Hal ini ditegaskannya karena Indonesia dikenal dengan Sesanti Gotong Royong  yang memiliki makna untuk saling berbagi dan membantu. Hal ini senada dengan ajaran Agama Buddha yang memberikan tiga aspek ajaran yang di anggap mudah tetapi sulit di laksanakan yaitu jangan berbuat jahat, tambahlah kebajikan menyucikan hati dan pikiran.

Mengakhiri Pesannya selaku Pemuka Agama Buddha di Kota Tebing tinggi, Miss Chutima Jenjaroen mengajak seluruh umat Buddha agar hidup Harmonis karena hal ini membawa ketenteraman bagi batin dan hidup kita. ( Hulu ).



 
Berita Lainnya :
  • Ratusan Agama Buddha Merayakan Hari Suci Yang Ke 2568 Tahun MBMI Majelis Buddha Mahanikaya Bersama Agama Buddha
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 14 Pengacara Dampingi Istri Korban Pembunuhan Sadis Adieli Zebua, Dan Resmi Buat Laporan Ke Polsek Tenayan Raya
    2 Lurah Pematang Kapau Tar Ajaman S.Sos Pekanbaru Serahkan Bantuan Sembako 943 paket melalui RT/RW
    3 Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir, 2021-2026
    4 Miris! Kebakaran Di Pasar Tua Puluhan Rumah Terbakar
    5 Mayat Tinggal Setengah Badan di Pinggir Sungai Gangsal
    6 Pembunuhan Sadis Yang Terjadi di Pelalawan Seperti Adegan Film Horor
    7 Kantor Desa Hilimbowowo Nisel
    Kantor Desa Hilimbowo Diduga Jadikan Tempat judi jenis pas (koncleng) Dengan Menggunakan Batu Domino
    8 Ketua PWOIN Kota Bitung, di Minta Dirut Rumah Sakit Budi Mulia Copot Seorang Security Inisial MM
    9 Kades Orahili Ulunoyo Sukadamai Ndruru Mendata Ulang Masyarakat Yang Menerima BLT Tahun 2021
    10 Diduga Libatkan Oknum Ormas Pemuda, Fao'aro Gea Korban Pengeroyokan Minta Laporannya Ditindaklanjuti Polsek Rumbai
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan