www.siagakupas.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 06 Mei 2024
 
Wakapolres Tebing Tinggi Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2023
Editor: | Senin, 25-12-2023 - 20:04:16 WIB

TERKAIT:
   
 

SiagaKupas.com, Tebing Tinggi - Kapolres Tebing tinggi AKBP Andreas Tampubolon yang diwakilkan oleh Wakapolres Tebing tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring menghadiri dan mengikuti kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba - 2023 Polres Tebing tinggi di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo Kota Tebing tinggi, Kamis (21/12/2023).

Bertindak sebagai Pimpinan Apel H. Kamlan Mursyid, SH, MH selaku Pj. Sekda Pemko Tebing Tinggi, Perwira Apel AKP Dhoraria Simanjuntak, SH, MH (Kasat Lantas Polres Tebing tinggi), Komandan Apel Ipda Andi (Kanit Dikiyasa Sat Lantas Polres Tebing tinggi), Perwakilan Penyematan Pita diantaranya dari Polres Tebing Tinggi Bripka Julhendra, Subdenpom Pratu Wahyu Syahputra dan Dishub Pemko Tebing Tinggi Boy Simanjuntak.

Hadir dalam kegiatan, Dandim 0204 /DS diwakilkan oleh Pabung 0204 /DS Kapten Inf. Buston Lumban Raja, Kajari Tebing tinggi diwakili oleh Kasi Pidum Dicky Syahputra SH.,MH, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Lenny Lasminar Silitonga, SH.,MH, Danyon B Brimob Polda Sumut Kompol Heriyono, Ka BNN Kota Tebing tinggi AKBP Alexander S. Soeki S.Sos, M.H, Danramil 13 Kota Tebing tinggi Kapten Inf. Yudi Chandra, Sub Den Pom AD Tebing tinggi, Kapten CPM Hendra, Karumkit Bhayangkara TK I Tebing tinggi Kompol dr. Eli Safrin Almiron, Sp.OT, Ketua Pengadilan Negeri Serdang Bedagai diwakili oleh Panitera Yusni, SH, MH dan Kakan Kementerian Agama. Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag.,M.M.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan oleh Pimpinan Apel mengatakan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus kita pastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar, sebagaimana penekanan Bapak Presiden Joko Widodo bahwa, "Natal dan tahun baru ini rutinitas tetapi apapun tetap harus direncanakan, harus dipersiapkan, utamanya yang berkaitan dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok".

"Hal tersebut penting karena momentum Nataru telah menjadi bagian tradisi masyarakat Indonesia yang berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat. Berdasarkan survei Kemenhub RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143.65% atau 63,46 juta orang dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perayaan Nataru tahun ini juga bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi," papar Pimpinan Apel.

Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, K/L, Pemda, Mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi "Operasi Lilin 2023" selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember 2023 s.d. 2 Januari 2024. Operasi ini melibatkan 129.923 personel yang terdiri dari TNI-Polri serta stakeholder terkait lainnya yang ditempatkan pada 1.668 pos pengamanan, 670 pos pelayanan, dan 113 pos terpadu untuk menjamin keamanan 49.676 objek pengamanan.

Pada Nataru tahun ini, Polri dan stakeholder terkait telah memetakan permasalahan kamseltibcar lantas dan kamtibmas yang harus diwaspadai. Pada sisi kamseltibcar lantas, Polri bersama stakeholder terkait telah menerbitkan SKB yang memuat tentang pembatasan operasional angkutan barang, penerapan rekayasa lalu lintas, pengendalian arus lalu lintas penyeberangan laut dan penundaan perjalanan. Tentunya SKB ini harus dapat dipahami dan diimplementasikan secara tepat di lapangan.

"Khusus pada lokasi dan jalur menuju objek wisata jangan sampai terjadi kemacetan. Sediakan kantong parkir yang memadai, pengaturan jalur keluar masuk, dan pengaturan lokasi pedagang agar masyarakat dapat berwisata dengan nyaman," sebutnya.

Ancaman terorisme juga menjadi tantangan yang serius. Untuk itu, kedepankan deteksi dini dan preventive strike untuk mencegah pelaku teror melancarkan aksin



 
Berita Lainnya :
  • Wakapolres Tebing Tinggi Ikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2023
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 14 Pengacara Dampingi Istri Korban Pembunuhan Sadis Adieli Zebua, Dan Resmi Buat Laporan Ke Polsek Tenayan Raya
    2 Lurah Pematang Kapau Tar Ajaman S.Sos Pekanbaru Serahkan Bantuan Sembako 943 paket melalui RT/RW
    3 Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir, 2021-2026
    4 Miris! Kebakaran Di Pasar Tua Puluhan Rumah Terbakar
    5 Mayat Tinggal Setengah Badan di Pinggir Sungai Gangsal
    6 Pembunuhan Sadis Yang Terjadi di Pelalawan Seperti Adegan Film Horor
    7 Kantor Desa Hilimbowowo Nisel
    Kantor Desa Hilimbowo Diduga Jadikan Tempat judi jenis pas (koncleng) Dengan Menggunakan Batu Domino
    8 Ketua PWOIN Kota Bitung, di Minta Dirut Rumah Sakit Budi Mulia Copot Seorang Security Inisial MM
    9 Kades Orahili Ulunoyo Sukadamai Ndruru Mendata Ulang Masyarakat Yang Menerima BLT Tahun 2021
    10 Diduga Libatkan Oknum Ormas Pemuda, Fao'aro Gea Korban Pengeroyokan Minta Laporannya Ditindaklanjuti Polsek Rumbai
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan