www.siagakupas.com
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 20 Mei 2024
 
10.600 Metric Ton Cangkang Sawit Diekspor ke Jepang
Editor: | Jumat, 29-10-2021 - 10:36:03 WIB

TERKAIT:
   
 

Siagakupas.com, SIAK - Bupati Siak Alfedri melepas ekspor perdana cangkang sawit dengan jumlah 10.600 metric ton ke Jepang. Kegiatan ekspor ini juga kali pertama di 2021 yang dilakukan oleh PT Energi Karisma Yuda melalui Pelabuhan Industri Tanjung Buton, Kabupaten Siak, Riau.

Cangkang kelapa sawit tersebut dikirim dengan menggunakan Kapal MV Hosei 68 Berbendera Panama. Jepang merupakan salah satu negara yang sedang menggalakkan penggunaan sumber energi terbarukan, termasuk energi biomassa.

"Hari ini kita pengapalan perdana ekspor cangkang sawit dari Pelabuhan Tanjung Buton ke Jepang. Semoga ini membawa keberkahan bagi negeri dan masyarakat. Bagi PT Energi Karisma Yuda ini merupakan ekspor perdana," cakap Alfedri ditemui di Kawasan Pelabuhan Tanjung Buton, Rabu (27/10/2021).

Alfedri berharap aktifitas ekspor ini terus berlanjut setiap bulannya 10 ribu ton, ini dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangkit biomasa yang ada di Jepang.

"Di Pelabuhan Buton ini setiap bulannya ada 10-15 kapal melakukan ekspor cangkang sawit dari perusahaan lain, ada 7 Perusahaan yang ekspor Cangkang ke sejumlah negara, untuk hari ini khusus ke Jepang. Hari ini juga akan kita lakukan perjanjian kerjasama anatar PT Samudera Siak dengan KSOP kelas II Buton, untuk sewa pakai kawasan Pelabuhan yang luasnya 5 hektare untuk 3 tahun ke depan, kita harapkan pengelolaan kawasan pelabuhan ini kedepan bisa lebih baik," kata dia.

Ia mengabarkan, bulan depan akan dilakukan terobosan baru yaitu pembangunan tangki timbun CPO yang dibangun Capital Grub. Sehingga PKS yang ada di Siak pengapalan CPO melalui Pelabuhan Tanjung Buton.

"Kita doakan bisa berjalan lancar, karena kalau kita hitung-hitung, biaya transportasi angkut CPO ke Dumai dibanding ke Tanjung Buton lebih rendah. Termasuk juga dari sisi jarak tempuh, kita sudah minta Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Siak dan Pelalawan pengapalannya bisa melalui pelabuhan Tanjung Buton," pintanya.

Dengan bertambahnya aktivitas Pelabuhan berharap dapat membuka lapangan pekerjaan baik bagi putra tempatan kecamatan Sungai Apit, kabupaten Siak pada umumnya.

"Saya juga sudah mintak tadi sepanjang ada tenagga skilnya dari putra tempatan itu diproritaskan," pintanya.

Presiden Direktur PT Sinergi Kharisma Yuda Alexander mengatakan PT. Sinergi Kharisma Yuda (SKY) adalah Joint Venture (JV) antara 3 perusahaan, Hayashiroku Co., Ltd. (Osaka, Jepang), The Sakura Green Ltd (Osaka, Jepang) dan PT. Prima Khatulistiwa Sinergi (Pekanbaru, Indonesia) untuk pengolahan dan ekspor cangkang sawit untuk kebutuhan pembangkit listrik tenaga biomassa dan industri di Jepang.

"Kami memulai kerjasama pada Januari 2021 dan ekspor perada pada Oktober 2021. Pada pertengahan November 2021 perusahaan juga akan melakukan ekspor kedua dengan tujuan Jepang," ungkapnya.

PT. Prima Khatulistiwa Sinergi, adalah perusahaan lokal di Pekanbaru yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan. Selain pengolahan dan ekspor cangkang sawit, perusahaan juga aktif di pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Perusahaan banyak bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan investor dari Jepang dalam bidang energi baru dan terbarukan.



 
Berita Lainnya :
  • 10.600 Metric Ton Cangkang Sawit Diekspor ke Jepang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
     
    TERPOPULER
    1 14 Pengacara Dampingi Istri Korban Pembunuhan Sadis Adieli Zebua, Dan Resmi Buat Laporan Ke Polsek Tenayan Raya
    2 Lurah Pematang Kapau Tar Ajaman S.Sos Pekanbaru Serahkan Bantuan Sembako 943 paket melalui RT/RW
    3 Serah Terima Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hilir, 2021-2026
    4 Miris! Kebakaran Di Pasar Tua Puluhan Rumah Terbakar
    5 Mayat Tinggal Setengah Badan di Pinggir Sungai Gangsal
    6 Pembunuhan Sadis Yang Terjadi di Pelalawan Seperti Adegan Film Horor
    7 Kantor Desa Hilimbowowo Nisel
    Kantor Desa Hilimbowo Diduga Jadikan Tempat judi jenis pas (koncleng) Dengan Menggunakan Batu Domino
    8 Ketua PWOIN Kota Bitung, di Minta Dirut Rumah Sakit Budi Mulia Copot Seorang Security Inisial MM
    9 Kades Orahili Ulunoyo Sukadamai Ndruru Mendata Ulang Masyarakat Yang Menerima BLT Tahun 2021
    10 Diduga Libatkan Oknum Ormas Pemuda, Fao'aro Gea Korban Pengeroyokan Minta Laporannya Ditindaklanjuti Polsek Rumbai
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks
    Redaksi Disclaimer Pedoman Tentang Kami Info Iklan